Hasil Babak 16 Besar Euro 2024: Belanda Bantai Rumania, Turki Menang Tipis dari Austria

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 03 Juli 2024 | 06:24 WIB
Timnas Belanda di Euro 2024. (Foto/eufa.com)
Timnas Belanda di Euro 2024. (Foto/eufa.com)

BeritaNasional.com - Timnas Belanda berhasil lolos meyakinkan ke babak perempat final Euro 2024 setelah mengalahkan Rumania dalam babak 16 besar dengan skor 3-0 di Allianz Arena, Selasa (2/7/2024) malam WIB.

Sedari awal pertandingan, Belanda memang langsung mendominasi penguasaan bola. Laga baru berjalan 20 menit, Cody Gakpo pun sudah mencetak gol ke gawang Rumania usai melakukan aksi individu di sisi kanan dan melesatkan tendangan keras. Gol 1-0 keunggulan bagi Belanda.

Meskipun terus mendominasi, Belanda tak bisa mencetak gol tambahan di sisa waktu babak pertama. Begitu juga dengan Rumania yang kesulitan menembus lini belakang Belanda. Skor 1-0 keunggulan Belanda dari Rumania menutup babak pertama.

DI babak kedua, permainan masih didominasi oleh Belanda. Anak asuh Ronald Koeman tersebut ingin mencari gol kedua agar bisa lebih aman lolos ke babak perempat final.

Namun, gol yang ditunggu baru muncul di menit ke-83. Serangan bertubi-tubi yang Belanda lakukan, akhirnya menciptakan sebuah gol lewat Donyell Malen usai menerima umpan dari Cody Gakpo. Skor berubah menjadi 2-0 keunggulan Belanda dari Rumania.

Malen mencetak brace di papan skor setelah di masa injury time. Malen berlari dari tengah lapangan menuju kotak penalti, kemudian ia melepaskan tembakan akurat dan membuat kiper Rumania mati langkah. Skor 3-0 keunggulan bagi Belanda dari Rumania.

Hasil ini membuat Belanda lolos ke babak perempat final Euro 2024. Nantinya Belanda akan berhadapan dengan Turki yang juga sudah memastikan tiket perempat final.

Sementara, di laga lainnya Timnas Turki berhasil memastikan tiket perempat final Euro 2024 usai mengalahkan Austria 2-1 di babak 16 besar yang berlangsung di Stadion Red Bull Arena, Rabu (3/7/2024) dini hari WIB.

Pertandingan berlangsung seru, laga baru berjalan satu menit Turki sudah unggul 1-0 lewat sepakan bek Merih Demiral. Gol itu bermula dari blunder pemain Austria yang salah membuang sepakan pojok Arda Guler.

Demiral mendapatkan bola langsung melakukan sepakan ke arah gawang dan menjadi sebuah gol. Skor 1-0 keunggulan Turki dari Austria.

Austria bukan tanpa peluang, hanya saja Sabitzer dan kawan-kawan tak bisa merubahnya menjadi sebuah gol. Skor 1-0 menutup babak pertama dengan keunggulan Turki dari Austria.

Di babak kedua, Turki kembali mencetak gol kedua di menit ke-59 lagi-lagi lewat Demiral. Ia mampu memaksimalkan sepak pojok dari Arda Guler dan bola melesat deras ke gawang Austria.

Namun beberapa menit berselang, Austria mampu mencetak gol pada menit ke-66. Gol itu dilesatkan Michael Gregoritsch sehingga merubah skor menjadi 1-2.

Walau setelah mencetak gol Austria menekan, tak ada lagi gol yang tercipta hingga laga usai. Turki pun menang dengan skor 2-1 dari Austria dan memastikan  ke perempat final Euro 2024. Nantinya Turki akan melawan Belanda di babak perempat final.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: