Peluang Kerja Sama Indonesia-China, Salah Satunya Bidang Ketenagakerjaan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 03 Juli 2024 | 22:00 WIB
Ilustrasi kerja sama Indonesia-China (Foto/Envato element)
Ilustrasi kerja sama Indonesia-China (Foto/Envato element)

BeritaNasional.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok (RRT/China) Djauhari Oratmangun membahas penjajakan peluang kerja sama bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dan China di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing, Selasa (3/7/2024).

"Banyak potensi kerja sama yang kiranya dapat dibangun dengan Pemerintah China, khususnya di bidang ketenagakerjaan," kata Menaker Ida.

Dikutip dari Antara, Ida mengatakan, hubungan diplomatik Indonesia dan China telah memasuki tahun ke-75. Eratnya kemitraan serta persahabatan itu menjadi landasan yang kuat untuk mempererat persahabatan utamanya di bidang ketenagakerjaan, pengembangan kapasitas, serta peningkatan kompetensi.

"Beberapa perusahaan yang telah memiliki perjanjian kerja sama bergerak di bidang pengolahan mineral serta jasa telekomunikasi," ujarnya.

Ia yakin, pengembangan kerja sama antara Indonesia-China dapat diwujudkan dalam bentuk kolaborasi program, seperti pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi (Technical and Vocational Education and Training/TVET), atau program pelatihan di bidang perawatan mobil listrik di Indonesia.

Usai pertemuan dengan Dubes Djauhari, Menaker juga melanjutkan pertemuan dengan para diaspora Indonesia.

Dalam dialog singkat bersama para pengusaha dan pekerja swasta Indonesia yang berada di China, Ida mengingatkan agar mereka selalu menjaga diri, cermat memahami rambu-rambu yang ada, mengenali hukum setempat, dan menjauhi pelanggaran.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: