Pengacara Buka Suara soal Firli Bahuri yang Dinilai Menghilang

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 03 Juli 2024 | 12:45 WIB
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto/Sin Po)
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto/Sin Po)

BeritaNasional.com - Pengacara eks Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Ian Iskandar, menilai pertanyaan anggota Komisi III DPR Benny K. Harman seperti pura-pura tidak tahu.

Pertanyaan tersebut terkait dengan kondisi dan keberadaan Firli yang dinilai hilang begitu saja sejak menjadi tersangka pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Pertanyaan itu menurut hemat kami (sebagai) pertanyaan simbolik, pura-pura tidak tahu. Tapi, beliau tahu,” ujar Ian kepada beritanasional.com pada Rabu (3/7/2024).

Menurut dia, pertanyaan tersebut menyiratkan agar lembaga antirasuah lebih kompak dalam kepemimpinan sekarang.

“Artinya, untuk mengingatkan kekompakan dari pimpinan KPK sekarang ini agar tetap bersama kolektif kolegial dalam memimpin,” tuturnya.

Ian menilai pertanyaan Benny bukanlah makna yang sebenarnya. Menurut Ian, saat ini, kliennya sehat dan aktif di kediamannya.

“Jadi, pertanyaan itu bukan dalam artian yang sebenarnya. Beliau (Firli) ada di rumahnya dan sehat alhamdulilah aktif seperti biasa,” katanya.

 Sebelumnya, Benny mempertanyakan nasib Firli Bahuri yang menjadi tersangka. Dia meminta pimpinan KPK menjelaskan hal tersebut kepada publik.

"Tolong jelaskan ada apa dengan ketua KPK? Jelaskan kepada publik. Bukan kepada kami supaya publik tahu,” ujar Benny dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama KPK, Senin (1/7/2024).

Menurut Benny, hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Dia juga mengatakan Firli menghilang begitu saja dan tidak ada yang mengetahui persoalan KPK. 

“Jangan didiamkan, ada apa? Publik enggak tahu ada apa di KPK ini. Ketua KPK menghilang, masa menghilang begitu saja," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: