Jokowi Resmikan Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik di Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 03 Juli 2024 | 17:34 WIB
Peresmian Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Humas Setkab/Oji)
Peresmian Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Humas Setkab/Oji)

BeritaNasional.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Indonesia, di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang Barat, Jawa Barat, pada Rabu (3/07/2024).

Presiden Jokowi menyatakan keyakinannya bahwa dengan berdirinya pabrik baterai dan kendaraan listrik ini, Indonesia akan memasuki era baru dan menunjukkan komitmen kuat untuk menjadi pemain global di sektor baterai kendaraan listrik (EV).

"Kita harus betul-betul bisa masuk sebagai pemain global dalam rantai pasok kendaraan listrik. Ini adalah awal yang penting dan merupakan pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara," ujarnya.

Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia memiliki semua bahan material yang diperlukan untuk bersaing di pasar kendaraan listrik.

"Saya yakin bahwa kompetisi kita dengan negara lain bisa kita menangkan karena tambang ada di sini, nikel ada di sini, bauksit ada di sini, tembaga ada di sini. Semua bahan ini diolah di smelter, lalu menjadi cathode dan precursor, kemudian masuk ke EV battery, dan pabrik mobilnya ada di sini, semuanya terintegrasi dalam ekosistem kendaraan listrik," tegasnya.

Kepala Negara juga mengapresiasi kerjasama antara Hyundai dan LG dalam membangun ekosistem baterai listrik ini, yang menandai semakin baiknya hubungan antara Korea Selatan dan Indonesia.

"Dengan investasi sebesar Rp160 triliun yang akan dilaksanakan secara bertahap, semoga ini menandai semakin baiknya hubungan antara Republik Korea dan Indonesia," pungkasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: