PDN Diserang Hacker, Heru Budi Pastikan Data Pemprov DKI Aman

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 03 Juli 2024 | 19:01 WIB
Heru Budi dalam sebuah momen (Foto/Inst Heru Budi)
Heru Budi dalam sebuah momen (Foto/Inst Heru Budi)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono memastikan bahwa data milik Pemprov Jakarta aman dari serangan ransomware yang terjadi pada Pusat Data Nasional (PDN).

"Kalau DKI sementara ini aman," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Barat, Rabu (3/7/2024).

Heru pun berharap data-data di lingkungan Pemprov DKI tetap aman dari berbagai serangan.

"Mudah-mudahan aman," tambahnya singkat.

Sebelumnya, Heru mengaku akan mengadakan rapat dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkaitan dengan data.

Hal ini berkaitan dengan diretasnya Pusat Data Nasional (PDN) sejak 20 Juni 2024 hingga saat ini. Akibatnya, 282 instansi terdampak akibat peretasan ini.

"Saya ingin rapatkan pejabat-pejabat yang menangani data," kata Heru kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (1/7/2024).

Heru berujar, salah satu SKPD yang akan diundang dalam rapat adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Selain itu, pihaknya juga bakal mengundang Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Termasuk juga saya undang lintas sektoral ke BPN, kan BPN ada sistem baru, Dukcapil saya akan undang. Kemarin saya sudah undang Dukcapil Jabotabek plus Pak Dirjen membahas seperti ini ya, mudah-mudahan aman," ujar Heru.

Sebagai informasi, pemerintah menargetkan akhir Juli 2024 ini data Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) yang mengalami serangan siber Ransomware bisa normal kembali.

"Penyusunan shortlist dan recovery layanan prioritas, Kominfo KSO PDNS kementerian/lembaga daerah itu diharapkan sampai akhir Juli bisa kami recovery total," ungkap Menkominfo Budi Arie saat rapat kerja dengan Komisi I DPR, Jakarta, Kamis (27/6/2024).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: