Gerindra Ungkap Alasan Tak Berkoalisi dengan Golkar di Pilgub Banten

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 04 Juli 2024 | 12:35 WIB
Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman. (BeritaNasional/Elvis).
Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Partai Gerindra resmi mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilgub Banten. Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman mengungkap alasan tidak berkoalisi dengan Partai Golkar di Banten.

Habiburokhman mengungkap, Golkar enggan memasangkan jagoannya, Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur dengan Ketua DPD Gerindra Andra Soni sebagai calon wakil gubernur.

"Kita sudah mendapatkan info bahwa tidak berkenan kan, Pak Andra Soni jadi wagub di sana, begitu. Pihak sana enggak berkenan," ungkapnya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Habiburokhman menjamin pisah koalisi dengan Golkar di Pilgub Banten tidak merusak hubungan dengan Golkar. Meski ada rencana Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang ada Gerindra dan Golkar di dalamnya, berkomitmen bakal bekerjasama di seluruh pulau Jawa saat Pilkada.

"Ya kan saya bilang, yang penting kita saling menghormati berkompetisi secara sehat," katanya.

Gerindra menyadari ada karakteristik lokal yang tidak bisa disamakan dengan level nasional. Salah satunya adalah Banten. Akar rumput Gerindra mendorong agar kadernya sendiri diusung sebagai calon gubernur. Maka itu pilihan jatuh kepada Andra Soni.

"Tapi fakta yang tak bisa dipungkiri bahwa setiap daerah memiliki karakteristik masing-masing, persoalan masing-masing. Nah dalam situasi ini kita enggak bisa saling paksa juga. Tak bisa saling sandera juga, yang penting kalau toh kita tak bersama, kita berkompetisi secara fair," pungkas Habiburokhman.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: