Begini Penampakan Lukisan Hewan Tertua Dunia di Gua Sulsel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 05 Juli 2024 | 19:00 WIB
Penampakan lukisan tertua dunia  (Foto/BBC)
Penampakan lukisan tertua dunia (Foto/BBC)

BeritaNasional.com - Terungkap, lukisan hewan tertua di dunia telah ditemukan di sebuah gua di Sulawesi Selatan (Sulsel), Indonesia. Lukisan ini ditemukan oleh ilmuwan Australia dan Indonesia.

Lukisan babi hutan dan tiga sosok mirip manusia tersebut setidaknya berumur 51.200 tahun, lebih tua 5.000 tahun dari lukisan gua tertua sebelumnya yang juga berada di Sulawesi Selatan.

Penemuan ini membuktikan bahwa manusia modern punya kapasitas berpikir kreatif jauh lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

Prof Maxime Aubert dari Universitas Griffith di Australia mengatakan, penemuan ini akan mengubah gagasan tentang evolusi manusia.

“Lukisan itu menceritakan kisah yang kompleks. Ini adalah bukti tertua yang kami miliki untuk bercerita. Ini menunjukkan bahwa manusia pada masa itu mempunyai kemampuan berpikir abstrak,” ujarnya.

Tim ilmuwan dipimpin oleh Adhi Agus Oktaviana, Pakar Seni Cadas Indonesia dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Adhi mengatakan, penceritaan naratif merupakan bagian penting dari kebudayaan manusia purba di Indonesia sejak dulu.

“Manusia mungkin telah bercerita lebih dari 51.200 tahun yang lalu. Namun karena kata-kata tidak menjadi fosil, kita hanya bisa menggunakan cara tidak langsung seperti penggambaran adegan dalam seni. Seni Sulawesi kini menjadi bukti tertua yang diketahui di ranah arkeologi sejauh ini,” ujarnya.

Sedangkan gambar hewan tertua sebelumnya ditemukan di Leang Tedongnge, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan.

Dikutip dari BBC, lukisan purba ini berupa adegan tiga babi sulawesi (Sus celebensis). Usianya ditaksir lebih dari 45.500 tahun yang lalu.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: