7,2 Persen Kematian di Kota Besar India Akibat Polusi Udara

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 05 Juli 2024 | 20:00 WIB
Ilustrasi polusi udara (Foto/Readers digest)
Ilustrasi polusi udara (Foto/Readers digest)

BeritaNasional.com - Sebuah penelitian baru pada Kamis melaporkan bahwa 7,2 persen kematian di 10 kota besar di India disebabkan oleh polusi udara.

Penelitian yang dilakukan The Lancet Planetary Health menjelaskan hubungan yang signifikan antara paparan jangka pendek terhadap materi partikulat halus (PM2.5) dan tingkat kematian harian di berbagai kota di India, yang pada tahun lalu melampaui China sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia.

Dilakukan oleh berbagai tim peneliti internasional, penelitian ini adalah yang pertama dilakukan untuk menganalisa efek akut dari polusi udara terhadap kematian.

Penelitian tersebut dilakukan mulai 2008 hingga 2019, meliputi 3,6 juta kematian.

Ibu Kota India, Delhi, mengalami dampak tertinggi dengan 12.000 kematian dalam setahun akibat polusi udara, atau 11,5 persen dari total kematian.

Rekomendasi negara saat ini sebesar 60 mikrogram PM2,5 per meter kubik adalah empat kali lebih tinggi dari pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan kota-kota dengan tingkat polusi lebih rendah, seperti Mumbai, Kolkata, dan Chennai, mendapati tingkat kematian tinggi.

Dikutip dari Antara, penelitian ini menemukan peningkatan risiko kematian yang signifikan, yang menunjukkan bahwa tidak ada ambang batas aman untuk paparan PM2.5. Hal ini sangat memprihatinkan mengingat tingkat polusi udara di banyak kota di India seringkali melebihi pedoman India dan WHO.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: