Adu Kuat Calon Gubernur Jawa Barat 2024, Siapa Paling Unggul?

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 07 Juli 2024 | 15:30 WIB
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (Foto/Dokumentasi Golkar)
Politikus Golkar Ridwan Kamil. (Foto/Dokumentasi Golkar)

BeritaNasional.com -  Sejumlah nama besar meramaikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Mulai dari petahana, nama elite DPR, mantan kepala daerah, sampai wajah baru meramaikan bursa calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Barat. Siapa paling kuat?

Sejumlah survei politik sudah memotret kekuatan tokoh-tokoh yang akan bertarung di Pilgub Jawa Barat.

Namun, Bakal Calon Gubernur petahana, Ridwan Kamil masih merajai sejumlah survei.

Pada survei teranyar Indikator Politik Indonesia, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 36,8 persen dalam simulasi semi terbuka. Survei Indikator ini digelar pada 20-27 Juni 2024.

Pada survei SMRC Mei 2024, Ridwan Kamil masih paling tinggi sebagai calon gubernur Jawa Barat. Yakni, menyentuh angka 52,2 persen pada simulasi terbuka.

Politikus Gerindra Dedi Mulyadi menjadi penantang terkuat Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat. Dalam dua survei yang dilakukan lembaga yang berbeda, Dedi berada di urutan kedua di bawah Ridwan Kamil.

Survei Indikator Juni 2024 mencatat elektabilitas Dedi Mulyadi 31,9 persen, hanya beda 4,9 persen dari Ridwan Kamil.

Dalam survei SMRC Mei 2024, elektabilitas Dedi Mulyadi juga bersaing dengan Ridwan Kamil. Waketum Gerindra itu memiliki elektabilitas 28,9 persen.

Survei yang dilakukan Indikator dan SMRC menunjukan tidak ada nama lain yang sekuat Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. Dua survei ini memperlihatkan di luar dua tokoh itu tidak ada yang mampu elektabilitasnya mencapai angka di atas 10 persen.

Pada survei Indikator, jagoan dari NasDem, Ilham Habibie, baru memiliki elektabilitas 0,7 persen. Nama Ilham belum terekam dalam survei SMRC.

Begitu juga jagoan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya dan Desy Ratnasari. Bima Arya memiliki elektabilitas 1,4 persen dan Desi 0,9 persen terekam dalam survei yang digelar Indikator. 

Nama Bima Arya masih terekam dalam survei top of mind SMRC Mei 2024 dengan angka elektabilitas hanya 1,3 persen.

Menariknya, dalam survei Indikator Politik Indonesia, ada beberapa nama yang berhasil memiliki elektabilitas di atas 1 persen.

Yaitu, Ahmad Syaikhu (2,8 persen), Dede Yusuf (3 persen), sampai Alfiansyah alias komedian Komeng (5,6 persen).

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: