Survei Indikator: Elektabilitas Kaesang di Jateng Tertinggi, Ahmad Luthfi Membuntuti

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 07 Juli 2024 | 19:30 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Foto/Ahda Bayhaqi)
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat berada di Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Foto/Ahda Bayhaqi)

BeritaNasional.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon gubernur Jawa Tengah. 

Dalam survei teranyar Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Kaesang mencapai angka 17,7 persen pada simulasi 20 nama.

"Kaesang berada di peringkat pertama," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan survei pada Minggu (7/7/2024).

Sementara itu, urutan kedua ditempati Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan elektabilitas 15,6 persen. 

Burhanuddin mengatakan selisihnya dengan Kaesang masih dalam ambang margin of error sehingga belum bisa dikatakan siapa yang lebih unggul.

"(Kaesang) dalam selisih margin of error dengan Ahmad Luthfi, Kapolda Jawa Tengah. Jadi, kami tidak tahu sebenarnya siapa yang unggul. Tetapi, Kaesang berada di peringkat pertama secara absolut. Pun, itu tidak dominan," ujarnya.

Urutan berikutnya ditempati mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen dengan elektabilitas 12,8 persen.

Selanjutnya, ada Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

Di bawah Pacul, ada nama Bupati Kendal Dico Ganinduto dengan elektabilitas 5,6 persen, Raffi Ahmad 4,4 persen, Achmad Husein 3,4 persen, M. Yusuf Chudlori 3,3 persen, serta Sudaryono 3,2 persen. Nama-nama lainya di bawah 3 persen.

Dalam simulasi 10 nama, Kaesang juga masih merajai elektabilitas calon gubernur Jawa Tengah dengan angka 22,8 persen. Diikuti Ahmad Luthfi 18,7 persen, Taj Yasin 12,7 persen, Pacul 9,1 persen, Dico 6,5 persen, Sudaryono 4 persen, sampai Yusuf Chudlori 3,5 persen. Sisanya di bawah angka 3 persen.

"Elektabilitasnya tidak berbeda jauh dengan simulasi sebelumnya. Tetapi meski Mas Kaesang berada di peringkat pertama dengan margin of error 3,5 persen, itu tidak signifikan dibanding Ahmad Luthfi," ujar Burhanuddin.

Bila dilihat dari survei top of mind calon gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi memiliki elektabilitas tertinggi yaitu 8,6 persen. Di bawahnya bersaing empat nama, yaitu Dico 4,6 persen, Taj Yasin 4,3 persen, Pacul 4,1 persen, serta Kaesang 4 persen.

Indikator Politik Indonesia menggelar survei tatap muka pada periode 10-17 Juni 2024. Jumlah responden sebanyak 800 responden dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Responden diambil melalui metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sekitar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: