Enggan Sesumbar soal Elektabilitas, Ridwan Kamil: Hari Ini Tinggi, Belum Tentu Menang!

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 10 Juli 2024 | 22:48 WIB
Politisi Partai Golkar dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).
Politisi Partai Golkar dan Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Panji Septo).

BeritaNasional.com - Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) mewajarkan elektabilitasnya yang tinggi di Jawa Barat. Menurutnya, hal itu karena ia seorang incumbent.

Meski demikian, RK mengatakan Partai Golkar belum memutuskan di mana lokasi pertempuran yang akan menjadi tempat bertanding bagi pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut.

"Ya kalau Jabar mah enggak usah ditanyain memang sudah pasti agak tinggi karena incumbent kan. Tapi partai kan masih menghitung baik buruknya seperti apa," ujar RK di DPP Partai Golkar, Rabu (10/7/2024).

Akan tetapi dirinya tak memberikan jawaban pasti terkait keinginannya bertarung kembali di Jabar karena ia belum bisa memastikan kemenangan meski seorang incumbent. Sehingga dia menekankan tak mau sesumbar mengenai elektabilitas tersebut.

"Hari ini tinggi belum tentu menang, hari ini rendah belum tentu juga kalah. Poinnya sekarang enggak usah terlalu ngomongin elektabilitas," tuturnya.

Menurutnya, elektabilitas bisa naik turun seiring berjalannya waktu. Ia lantas menceritakan pengalamannya yang pernah mendapat elektabilitas 6 persen saat menjadi walikota Bandung

"H-2 bulan saya cuma 6 persen. Pas hari-H 45 persen, jadi nggak bisa mengukur takdir dengan survei hari ini," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: