PSI Sebut Tidak Ada Kesepakatan dengan Golkar, Usung Kaesan-Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 13 Juli 2024 | 12:45 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat sambagi Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ketum PSI Kaesang Pangarep saat sambagi Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com -  DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan, tak ada kesepakan dengan Partai Golkar terkait Pilkada Jakarta 2024.

Wakil Ketua Umum PSI Andy Budiman mengatakan, tidak ada persetujuan resmi untuk menduetkan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka do Pilkada Jakarta. 

“Dalam pertemuan tidak ada kesepakatan di antara kedua partai untuk bersama mengusung Mas Kaesang dan Pak Jusuf Hamka. Ide itu memang disampaikan Golkar dalam pertemuan tetapi tidak ada kesepakatan terkait usulan itu,” kata Andy dalam keterangannya, Sabtu (13/7/2024).

Andy menjelaskan, pertemuan PSI dan Golkar pada Kamis (11/7/2024) lalu hanya membahas soal kerja sama secara umum antara dua partai dan penguatan kerja sama strategis terkait pembentukan fraksi di daerah.

Terakhir, pertemuan itu juga membahas kerja sama pendidikan politik di antara PSI dan Golkar.

“Sampai saat ini Ketua Umum DPP PSI Mas Kaesang Pangarep belum mengambil keputusan terkait rencana maju di dalam Pilkada. Kita tidak akan terburu-buru dan akan mencermati situasi politik dan mendengar suara masyarakat terkait hal ini,” ujar Andy.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan bahwa partainya siap mengusung Kaesang sebagai calon gubernur Jakarta pada Pilkada 2024.

Bahkan, Golkar menyiapkan Jusuf Hamka alias Babah Alun sebagai calon wakil gubernur jika Kaesang bersedia maju. 

Adapun Jusuf Hamka dikenal sebagai pebisnis jalan tol. Oleh karena itu, Golkar berharap keduanya dapat membereskan masalah kemacetan di Jakarta.

"Untuk Jakarta, Partai Golkar melihat tantangan besar termasuk mengatasi kemacetan. Dengan Babah Alun, kami yakin dapat menghadapi tantangan ini," tambahnya.

Golkar juga terbuka untuk membahas duet antara Kaesang dan Jusuf Hamka dengan kolega partai di Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kita tidak terburu-buru. Kita akan berbasis ilmiah kepada survei dan tentu harus bicara dengan KIM," kata Airlangga.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: