Sejumlah Anggota Partai Demokrat Minta Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 14 Juli 2024 | 07:00 WIB
Joe Biden diminta mundur dari Pilpres AS (Foto/DW)
Joe Biden diminta mundur dari Pilpres AS (Foto/DW)

BeritaNasional.com - Tokoh Partai Demokrat, Senator Peter Welch meminta capres AS Joe Biden yang juga petahana untuk mundur ikut pilpres AS. 

Ia menilai performa Biden tidak bagus saat melakukan debat capres melawan kandidat Partai Republik Donald Trump.

Biden saat itu berulangkali kesulitan mengucapkan kalimat secara sempurna. Bahkan Biden seringkali kehilangan konsentrasi di tengah pemaparan saat debat.


Bahkan saat KTT NATO, Biden memanggil Presiden Ukraina Zelensky, dengan nama Putin. Hal ini membuat para pemimpin negara yang hadir di KTT NATO agak terkejut.

Penampilannya yang seringkali kacau membuat sejumlah anggota Partai Demokrat meragukan kemampuannya menjadi presiden. Saat ini Biden sudah berusia 81 tahun.

Banyak orang meragukan kecakapannya dalam memimpin AS. Apalagi pencalonan Biden akan diresmikan dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat, 19-22 Agustus. 

Namun desakan mundur belakangan menguat, karena pemilu yang sudah dekat, yakni tanggal 5 November mendatang.

"Kita tidak bisa tidak melihat penampilan debat Presiden Biden yang amburadul," tulis Welch. "Demi kemaslahatan negara, saya mengimbau Presiden Biden untuk mengundurkan diri dari pencalonannya," ujarnya.

Dikutip dari VOA, dua kader Demokrat lain, Pat Ryan dan Earl Blumenauer yang duduk di Kongres, juga menuntut Biden segera pensiun dini dan mempersilahkan kandidat lain menghadapi bekas presiden Donald Trump.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: