Alasan PSI Tetap Dukung Andra Soni di Pilkada Banten 2024 Meski Elektabilitas Rendah

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 18 Juli 2024 | 13:10 WIB
Kaesang Ketua PSI tetap dukung Andra Soni (Beritanasional/Lydia)
Kaesang Ketua PSI tetap dukung Andra Soni (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengungkapkan alasan partainya mengusung Andra Soni dalam Pilkada Banten 2024 meskipun elektabilitasnya rendah.

Kaesang mengatakan, PSI tak memandang tinggi rendahnya elektabilitas Soni. Sebab, PSI melihat adanya komitmen kuat dari Soni untuk membuat Banten menjadi lebih maju.

"Ini kan bukan masalah survei tinggi atau survei rendah tapi komitmen beliau buat Banten membuat saya ingin mendukung beliau untuk menjadi Gurbernur Banten selanjutnya," kata Kaesang kepada wartawan di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

Sebagai informasi, survei terakhir dari Litbang Kompas menunjukkan bahwa tokoh dengan elektabilitas tertinggi di Banten adalah Airin Rachmi Diany dengan angka 38,3 persen. Namun, Litbang Kompas tidak memasukkan nama Andra Soni ke dalam survei.

Namun, Kaesang mengaku bahwa Andra Soni telah menyiapkan berbagai strategi untuk meningkatkan elektabilitasnya.

"Saya tadi di atas juga berbicara dengan Pak Andra Soni. Beliau sudah memaparkan beberapa rencana beliau bagaimana caranya supaya elektabilitas beliau ini bisa jauh lebih tinggi," ujar Kaesang.

"Tapi ya balik lagi mengenai Litbang itu kan bahan buat evaluasi juga bagaimana ke depannya nanti bisa jadi lebih baik," tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Soni yakin dirinya bisa memenangkan Pilkada dengan dukungan penuh dari partai pendukung.

"Insya Allah dengan dukungan partai-partai yang telah kami terima dengan struktur yang ada dan kemudian simpatisan yang ada InsyaAllah kami punya keyakinan kontestasi ini akan kita menangkan," kata Soni.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: