Bagaimana Nasib Ukraina jika Trump Menangkan Pilpres AS?

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 19 Juli 2024 | 05:00 WIB
Donald Trump maju Pilpres AS (Foto/Pixabay)
Donald Trump maju Pilpres AS (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Capres AS Donald Trump berpotensi memenangkan Pilpres AS mengalahkan lawannya Joe Biden. Apalagi jajak pendapat menunjukkan Trump makin berpeluang besar memenangkan Pilpres AS pada November mendatang.

Menurut Pew Researchcapre Centre, 44 persen responden akan memilih Trump jika Pilpres diadakan sekarang. Bahkan hasil suara untuk Trump lebih tinggi persen daripada Joe Biden.

Apalagi Trump sempat jadi korban penembakkan, simpati publik AS makin menguat untuk Trump. Apalagi Trump menunjukkan ia berani berjuang demi memenangkan pilpres di AS. Bahkan sejumlah media menilai, peluang Trump memenangkan Pilpres AS makin meningkat pasca-insiden penembakkan.

Dikutip dari BBC, Trump juga mengkritik kebijakan bantuan militer AS senilai ratusan triliun rupiah yang mengalir ke Ukraina sejak invasi Rusia pada Februari 2022 lalu.

Selama kampanye Trump juga yakin ia mampu menyelesaikan konflik Ukraina.

Bahkan saat bertemu dengan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, Trump berjanji akan menyelesaikan konflik Ukraina dalam waktu 24 jam jika ia terpilih jadi presiden AS pada November. 

Trump saat menjadi Presiden AS sering memuji kepemimpinan Presiden Rusia Vladimir Putin. Oleh karena itu, tak heran jika ia sangat yakin bisa menyelesaikan konflik Ukraina-Rusia. 

Namun sejumlah pihak khawatir, Trump akan mencari cara guna menekan Ukraina untuk menyerahkan wilayahnya kepada Rusia. Apalagi Trump dikenal bisa mengambil hati Putin.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: