Bantah Bagi-bagi Jabatan, Jokowi Tegaskan Pelantikan 3 Wamen untuk Keberlanjutan

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 20 Juli 2024 | 01:30 WIB
Tiga Wamen dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Tiga Wamen dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dirinya melantikan tiga wakil menteri (Wamen) bukanlah untuk bagi-bagi jabatan. Namum, pelantikan itu sebagai bentuk upaya keberlanjutan pemerintahan lama ke pemerintahan baru.

“Ini untuk melancarkan, memuluskan keberlanjutan,” kata Jokowi di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Jumat (19/7/2024) sebagaimana dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden.

Disebutkan Jokowi, dirinya pun sudah berbicara langsung dengan presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto. Dia kemudian menyinggung lagi ihwal kegentingan pemerintahan selanjutnya agar tetap keberlanjutan.

“Enggak, enggak. Ini sudah saya bicarakan langsung dengan kepentingan pemerintahan berikut. Saya sudah bicara dengan presiden terpilih Prabowo Subianto,” tegas Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik tiga wakil menteri (Wamen) di Kabinet Indonesia Maju. Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Adapun tiga Wamen yang dilantik adalah Thomas Djiwandono sebagai Wamen Keuangan, kemudian Yuliot Tanjung sebagai Wamen Investasi, dan Sudaryono sebagai Wamen Pertanian untuk menggantikan Harvick Hasnul Qolbi.

Pelantikan wakil menteri itu berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 45-m Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Setelah itu, Presiden Jokowi memimpin untuk mengambil sumpah jabatan terhadap wakil menteri yang dilantik dan kemudian diikuti oleh ketiga orang tersebut.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: