Beda Pilihan di Pilkada Banten, Demokrat Pastikan KIM Tetap Kompak dan Solid

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 20 Juli 2024 | 10:22 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto/Oke Atmaja)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap kompak dan solid meskipun terdapat perbedaan pilihan dalam Pilkada Banten 2024.

Diketahui bahwa Partai Golkar berencana mengusung kadernya, Airin Rachmi Diany, dalam Pilkada Banten. Sementara itu, partai politik lain di KIM telah memberikan dukungan kepada Andara Soni-Dimyati Natakusumah.

"Tidak berarti KIM tidak kompak. Bukan begitu. Tidak berarti KIM tidak solid. Bukan begitu. Kami memiliki visi dan misi yang jauh lebih besar dari urusan Pilkada satu daerah dengan Pilkada daerah lainnya," kata AHY kepada wartawan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (19/7/2024).

AHY pun mengakui bahwa arah perjalanan KIM di Pilkada tidak akan selalu sama. Namun, hal ini merupakan bentuk kedewasaan dalam berpolitik.

"Inilah yang harus kita terima sebagai realitas dalam politik, termasuk dalam Pilkada. Seringkali, semangat kita memang berupaya untuk mencari kesamaan dalam provinsi-provinsi atau daerah-daerah yang memiliki nilai strategis bersama," ujar AHY.

"Tapi kami juga menyadari sejak awal bahwa masing-masing partai memiliki perhitungan dan faktor-faktor yang dipertimbangkan, termasuk landscape atau konstelasi politik di daerah. Mungkin tidak selalu sama dengan apa yang terjadi saat Pilpres," tambahnya.

Maka dari itu, AHY menekankan bahwa para partai politik ini tetap saling menghargai keputusan masing-masing dalam berkontestasi di Pilkada.

"Tentunya saling menghormati dan saling memahami. Mudah-mudahan juga saling menerima. Dengan demikian, ini menjadi sebuah bentuk kedewasaan dalam berpolitik. Kami melihat Indonesia, bangsa ini, fokus pada upaya membentuk pemerintahan ke depan yang efektif dan solid," tandas AHY.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: