Pengamat Sebut Duet Kaesang-Jusuf Hamka Bisa Lawan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Oleh: Ahda Bayhaqi
Senin, 22 Juli 2024 | 19:15 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep menyambangi Kantor DPP NasDem. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketum PSI Kaesang Pangarep menyambangi Kantor DPP NasDem. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai duet Kaesang Pangarep dan Jusuf Hamka punya potensi bertarung dengan Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. 

Duet ini punya modal popularitas dan penerimaan publik yang tinggi. Selain itu, Kaesang dan Jusuf Hamka memiliki modal logistik untuk bertarung di pilgub. 

"Popularitas dia punya, sama kaesang juga punya, lalu isi tas dia juga punya, akseptabilitas juga mungkin tinggi, penerimaan publik," kata Ujang kepada wartawan pada Senin (22/7/2024).

Hanya saja, saat ini, elektabilitas Jusuf Hamka belum terlihat. Sementara itu, elektabilitas Kaesang di Jakarta baru 1 persen.

"Tapi, elektabilitasnya kan belum tahu Jusuf Hamka berapa. Ini harus disurvei dulu secara objektif karena namanya baru muncul, belum masuk radar survei. Nah, Kaesang kan jelas, 1  elektabilitasnya persen," kata Ujang.

Elektabilitas ini menjadi penting apabila Kaesang-Jusuf Hamka dipasangkan untuk menghadapi Anies. Elektabilitas menjadi faktor penentu kemenangan.

"Tapi, yang paling penting kalau ingin melawan Anies ya harus memiliki elektabilitas yang tinggi. Ditunjang dengan popularitas yang tinggi, uang yang banyak, lalu akseptabilitas tingkat penerimaannya. Itu saja bisa menang atau tidaknya," kata Ujang.

Sebelumnya, Partai Golkar sudah memberikan surat instruksi kepada politikus Partai Golkar Jusuf Hamka untuk bertarung sebagai calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta 2024.

"Jakarta telah memberikan surat instruksi kepada Pak Jusuf Hamka," ujar Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus di DPP Partai Golkar pada Kamis (18/7/2024).

"Tugas yang diberikan kepada beliau sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur," imbuhnya.

Menurut Lodewijk, pihaknya masih melihat perkembangan elektabilitas Jusuf Hamka untuk mengetahui potensi kemenangan di Pilgub Jakarta 2024.

"Kami akan lihat perkembangan survei nanti seperti apa ya. Masih ada waktu," tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: