Joe Biden Minta Netanyahu Segera Laksanakan Gencatan Senjata di Gaza

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Jumat, 26 Juli 2024 | 13:00 WIB
Joe Biden minta Netanyahu laksanakan gencatan senjata (Foto/NewsX)
Joe Biden minta Netanyahu laksanakan gencatan senjata (Foto/NewsX)

BeritaNasional.com - Meskipun rakyat AS menolak kedatangan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu di AS, namun Netanyahu tetap memaksakan diri ke Washington DC, AS. Bahkan Hotel Watergate tempat menginap Netanyahu dikirimi ratusan ulat, belatung, dan jangkrik. 

Namun Netanyahu tak peduli, ia tetap berada di AS dan juga berpidato di depan Kongres AS. Dalam lawatannya ke AS, Netanyahu juga menemui Presiden AS Joe Biden di Gedung Putih hari Kamis (25/7/2024). 

Dalam pertemuan itu,Biden mendesak agar Netanyahu segera melakukan kebijakan gencatan senjata Israel dan Hamas.

Kunjungan Netanyahu ke Gedung Putih merupakan yang pertama sejak sebelum Presiden Donald Trump mengakhiri masa jabatannya pada 2021. 

Pertemuan antara Netanyahu dengan Biden dilakukan secara tertutup.

Biden mengatakan, “Selamat datang kembali, Perdana Menteri Netanyahu. Banyak hal yang perlu kita bicarakan.”

“Saya ingin berterima kasih atas pengabdian masyarakat selama 50 tahun dan dukungan bagi negara Israel selama 50 tahun terakhir yang Anda berikan. Saya tidak sabar untuk berdiskusi dan mengatasi masalah besar yang kita hadapi,” kata Netanyahu.

Sementara itu, Penasihat Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan, “Ada banyak agenda dalam pertemuan, namun hal terpenting tercapainya gencatan senjata. Presiden AS akan meyakinkan Perdana Menteri Netanyahu bahwa ia percaya kita harus mencapainya sesegera mungkin gencatan senjata di Gaza.”

Dikutip dari VOA, usai pertemuan itu, Biden dan Netanyahu menemui beberapa keluarga sandera asal Amerika. Netanyahu juga dijadwalkan bertemu dengan mantan Presiden AS Donald Trump.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: