Gibran Siapkan Uji Coba Program Makan Siang Gratis di Luar Pulau Jawa Pekan Depan

Oleh: Lydia Fransisca
Jumat, 26 Juli 2024 | 18:04 WIB
Gibran akan luncurkan uji coba makan siang gratis di luar pulau Jawa. (Beritanasional/Oke Atmaja)
Gibran akan luncurkan uji coba makan siang gratis di luar pulau Jawa. (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa uji coba makan bergizi gratis akan dilakukan di luar Pulau Jawa pada pekan depan.

Gibran mengatakan bahwa uji coba di luar Pulau Jawa akan dilaksanakan mulai pekan depan. Ia juga akan kembali melakukan uji coba makan bergizi gratis di Solo.

"Nanti mulai Minggu depan akan dimulai di luar Pulau Jawa," kata Gibran kepada wartawan di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2024).

Gibran menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah melaksanakan uji coba makan siang gratis di Solo.

Solo menjadi lokasi kedua setelah penerapan di Sentul, Bogor beberapa hari lalu.

"Itu baru pertama kali di Sentul. Besok-besok akan ada di tempat lain juga. Besok di Solo, dan nanti akan ada di beberapa tempat lainnya," ujar Gibran.

Gibran menegaskan bahwa uji coba ini tidak menggunakan anggaran dari APBN. Namun, apabila program ini berlanjut, anggarannya akan diambil dari APBN.

"Uji coba tidak menggunakan APBN. Uji coba ini tidak memakai APBN. Jika sudah berjalan nanti, baru akan menggunakan APBN tahun depan," tegasnya.

Sebagai informasi, Gibran telah melaksanakan uji coba makan siang bergizi gratis di SD Negeri 2 dan 3 Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (23/7/2024). Harga makanan per kotak yang dibagikan adalah Rp 14.900, terdiri dari nasi, lauk, ayam, sayur, buah pisang, dan susu.

Selanjutnya, uji coba makan bergizi gratis akan dilakukan di SD Negeri Tugu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah pada Kamis (25/7/2024).sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: