Ribut soal Izin Tambang, Megawati Ingatkan Ketahanan Pangan Lebih Penting!

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 30 Juli 2024 | 15:01 WIB
Megawati ingatkan ketahanan pangan lebih penting (Foto/PDIP)
Megawati ingatkan ketahanan pangan lebih penting (Foto/PDIP)

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyoroti polemik pemberian izin pengelolaan tambang kepada organisasi masyarakat keagamaan. Megawati mengingatkan, lebih penting memikirkan ketahanan pangan untuk rakyat.

"Orang urusan tambang saja sekarang pada heboh. Mau nyari tambang, mau nyari tambang, saya tuh sampai bilang sama teman-teman. Makan noh tambang, nanti kalau sudah enggak ada beras terus piye?" ujar Megawati saat Mukernas Partai Perindo di iNews Tower, Jakarta, Selasa (30/7/2024).

Megawati mengingatkan, saat ini negara masih sangat tergantung impor beras. Apabila negara asal memberhentikan impor akan berdampak kepada stok beras.

"Apa negara-negara sekarang kalau ndak percaya sama saya, negara-negara yang impornya atau ekspor beras itu juga ketar-ketir. Jadi mereka mungkin akan tahan karena buat negara mereka. Nah kita terus mencarinya (beras) ke mana," kata presiden kelima RI ini.

Megawati mengusulkan pentingnya menanam tanaman pendamping beras agar masyarakat ke depan tidak bergantung pada beras saja.

"Kalau nanti enggak ada, jangan pikir loh mau impor, impornya juga ditahan. Itu kan harus waras kita berpikirnya, harus pintar kita berpikirnya, bahwa kalau kemudian itu jadi terus kita bingung mau cari ke mana," kata Megawati.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: