Siapa Ismail Haniyeh?

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 31 Juli 2024 | 12:08 WIB
Ismail Haniyeh Pemimpin Hamas Meninggal Dunia (Foto/Shafaq)
Ismail Haniyeh Pemimpin Hamas Meninggal Dunia (Foto/Shafaq)

BeritaNasional.com - Hamas lewat pernyataan resminya menyatakan, Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh meninggal dunia. Ia terbunuh di kediamannya di Iran akibat serangan Israel.

Hamas menyatakan, Haniyeh tewas dalam serangan mematikan Zionis. 

Lalu siapa Ismail Haniyeh?

Ismail Haniyeh lahir di kamp pengungsi Al-Shati di Jalur Gaza, Palestina pada tahun 1962. Ia belajar di Universitas Islam Gaza, kemudian ia masuk Hamas.

Ia lulus dengan gelar sarjana dalam bidang sastra Arab pada tahun 1987. Sejak saat itu, ia ditunjuk untuk jadi kepala kantor Hamas pada tahun 1997. Karirnya di Hamas makin berkembang pesat diorganisasi tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, Haniyeh merupakan pemimpin Hamas yang memenangkan pemilihan legislatif Palestina tahun 2006, dan kemudian ia juga menjadi perdana menteri. 

Presiden Mahmoud Abbas pernah memecat Haniyeh dari jabatannya pada tanggal 14 Juni 2007 pada puncak konflik Fatah–Hamas, namun Haniyeh tidak mengakui keputusan tersebut dan terus menjalankan otoritas perdana menteri di Jalur Gaza.

Pemecatan Haniyeh terjadi usai Brigade Izz al-Din al-Qassam menguasai Jalur Gaza, mengusir perwakilan gerakan Fatah pimpinan Abbas dalam kekerasan sepekan yang memakan banyak korban jiwa.

Haniyeh menolak keras pemecatan dia dan menyebutnya sebagai upaya inkonstitusional. Ia mengatakan, pemerintahannya akan melanjutkan tugasnya dan tidak mengabaikan tanggung jawab nasionalnya terhadap rakyat Palestina.

Namun sebenarnya sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Haniyeh seringkali menyerukan rekonsiliasi Hamas dengan gerakan Fatah.


 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: