Polri Ungkap 8 Daerah yang Rawan Konflik saat Pilkada 2024

Oleh: Mufit
Rabu, 31 Juli 2024 | 13:49 WIB
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi Pilkada Serentak 2024. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Verdianto I Biticaca, mengungkapkan bahwa setidaknya ada delapan provinsi yang masuk dalam kategori rawan konflik pada gelaran Pilkada Serentak 2024.

Delapan provinsi yang dipetakan Polri tersebut adalah Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Jawa Timur, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Nanggroe Aceh Darussalam.

"Kami mohon kepada rekan-rekan Kapolres di daerah rawan, tolong didalami lebih lanjut. Tolong proaktif dalam mengevaluasi apakah kerawanan ini benar-benar ada," kata Verdianto dalam rapat koordinasi pengamanan Pilkada 2024 di Denpasar, Bali, yang disiarkan secara daring, Rabu (31/7/2024).

Lebih lanjut, Verdianto mengatakan bahwa pemetaan provinsi tersebut didasarkan pada Indeks Potensi Kerawanan Pilkada (IPKP) yang mencakup tujuh dimensi.

"Ada dimensi penyelenggara, dimensi keamanan, dimensi peserta, dimensi masyarakat, dimensi potensi gangguan, dimensi ambang gangguan, dan dimensi gangguan nyata," tuturnya.

Verdianto juga meminta para Kapolda dan Kapolres untuk melakukan berbagai upaya penanggulangan konflik, seperti sosialisasi Pemilu damai hingga pengetatan pengamanan Pilkada.

"Jajaran Polri di daerah harus berkoordinasi dengan TNI dan aparat keamanan setempat demi menjaga kondusivitas Pilkada 2024," tuturnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: