Cak Imin Diharap Hadir jika Dipanggil PBNU

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 31 Juli 2024 | 17:24 WIB
Cak Imin diminta hadir jika dipanggil PBNU  (Beritanasional/Ahda)
Cak Imin diminta hadir jika dipanggil PBNU (Beritanasional/Ahda)

BeritaNasional.com - Mantan Sekjen PKB Lukman Edy meminta Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memberikan klarifikasi kepada PBNU terkait kisruh kedua institusi. Lukman berharap apabila PBNU memanggil, Cak Imin mau datang.

"Ya saya kira PBNU mencari keterangan sebanyak-banyak itu dalam rangka untuk mengambil sikap pada akhirnya apa yang harus mereka lakukan. Apakah minta ada mediasi atau misalnya memanggil PKB, memanggil ketua umum PKB," kata Lukman di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Sebagai 'anak' dari PBNU, PKB harus patuh kepada orangtuanya. Jangan sampai Cak Imin durhaka dengan tidak memenuhi pemanggilan oleh PBNU.

"Jadi ya saya kira PKB sebagai anaknya NU, anaknya NU ya kalau orang tua panggil ya datang lah ya. Kalau orang tua panggil, kita jangan jadi anak durhaka lah gitu ya pada orang tua," tegas Lukman.

Lukman menjadi orang pertama yang dipanggil PBNU dalam menjelaskan konflik antara PBNU dengan PKB. Menurut Lukman akan ada beberapa tokoh lagi yang perlu dipanggil, seperti Khofifah Indar Parawansa.

"Di samping, beliau juga akan mengundang tokoh-tokoh lain. Mungkin diundang sekjen PKB, Pak Hasanudin Wahid, bisa saja diundang tokoh-tokoh yang lain, ada Ibu Khofifah mungkin, Pak Limas Kurnusa mungkin, yang merupakan pendiri para tokoh-tokoh yang menonjol di internal PKB," katanya.

Sementara itu, Waketum PBNU Amin Said Husni sebagai tim PBNU yang mengurus kisruh dengan PKB belum mengungkap siapa narasumber selanjutnya yang diminta keterangan. Pihaknya masih menyusun daftar tokoh yang diundang untuk memberikan keterangan dan data terkait PKB.

"Kami masih menyusun daftar siapa-siapa yang akan kami undang. Dan belum bisa di ekspose sekarang dan harus dikonsultasikan oleh beliau-beliau," katanya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: