IM57+ soal Tes Tulis Capim: Visi Perbaikan KPK Harus Diutamakan

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 31 Juli 2024 | 18:15 WIB
Gedung KPK. (BeritaNasional/Panji Septo)
Gedung KPK. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com - Ketua IM57+ Institute M. Praswad Nugraha mengatakan calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) wajib memiliki visi dalam perbaikan lembaga antirasuah.

Hal itu diucapkannya untuk merespons tes tulis capim KPK yang digelar hari ini. Praswad mengatakan visi tersebut sangat krusial dan diperlukan para kandidat. 

“Visi perbaikan KPK wajib menjadi isu utama yang dibahas, bukan sekadar menanyakan pengetahuan teknis atas penyidikan dan penuntutan,” ujar Praswad kepada Beritanasional.com pada Rabu (31/7/2024). 

Menurut dia, pimpinan KPK berada di level kebijakan dan perlawanan terhadap segala intervensi kekuasaan yang mengancam pemberantasan korupsi. 

“KPK sudah punya kapasitas dan staf dalam proses penanganan perkara, yang dibutuhkan adalah integritas dan keberanian pimpinan dalam mengembalikan independensi,” tuturnya. 

Praswad berharap rangkaian tes yang bakal diberikan panitia seleksi capim KPK berfokus pada hal tersebut. 

Sebanyak 236 pendaftar telah dinyatakan lolos seleksi administrasi capim KPK dan 146 calon anggota Dewas KPK. 

Peserta yang lolos saat ini bakal menjalani tes tulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara.

Tes itu dibagi dua sesi. Capim KPK akan mengikuti tes mulai pukul 07.30 hingga 11.00 WIB. Sementara itu, tes tertulis bagi calon anggota Dewas KPK pada pukul 12.30 hingga 16.00 WIB.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: