Sandiaga Akhirnya Mundur dari Bursa Cagub Jawa Barat, Singgung Masalah Waktu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 31 Juli 2024 | 19:15 WIB
Politisi PPP Sandiaga Uno. (Foto/Dok PPP).
Politisi PPP Sandiaga Uno. (Foto/Dok PPP).

BeritaNasional.com - Politikus PPP Sandiaga Uno mengundurkan diri dari bursa calon gubernur Jawa Barat karena masalah waktu yang semakin sempit menuju pendaftaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. 

Mantan wakil gubernur Jakarta tersebut merasa sulit mengejar ketertinggalan untuk menghadapi Ridwan Kamil sebagai calon gubernur incumbent.

"Belum ada, tapi saya sudah menyampaikan karena waktunya sudah tidak memungkinkan. Saya tidak ikut kontestasi di Jabar," katanya di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Sandiaga mengatakan Jawa Barat adalah provinsi yang sangat luas. Dibutuhkan pemahaman yang sangat tinggi terhadap Jawa Barat. Karena itu, menurut dia, sulit mengejar ketertinggalan.

"Karena Provinsi Jabar sangat luas dan butuh tingkat pemahaman yang sangat dalam," katanya.

Para incumbent, menurut Sandiaga, diunggulkan untuk maju di Pilgub Jabar. Sandiaga sadar sulit menghadapi Ridwan Kamil sebagai incumbent.

"Para incumbent yang sudah lama membina dan beraktivitas secara elektoral di Jabar yang memiliki peluang lebih tinggi dan jauh lebih dimungkinkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal di Jabar," katanya.

Sebelumnya, politikus PPP Sandiaga Uno ragu maju sebagai calon gubernur Jawa Barat karena kemungkinan besar menghadapi calon gubernur petahana Ridwan Kamil.

"Ada isu-isunya begitu. Pak RK mau tetap di Jawa Barat. Elektoralnya tinggi banget. Katanya begitu. Itu kan juga mungkin jadi pertimbangan," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Jazilul mengakui bahwa niatan Sandiaga Maju tengah tersendat. Sebab, dari segi elektabilitas, Sandiaga tak kunjung naik.

"Ya, mungkin beliau kurang minat mungkin, harus keliling, keliling Jawa Barat supaya elektoralnya naik, belum naik mungkin elektoralnya," katanya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: