Soal KIM Plus, Idrus Marham Sebut 3 Partai Ini Akan Bergabung

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 01 Agustus 2024 | 18:15 WIB
Ketua Dewan Bappilu Partai Golkar Idrus Marham. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Ketua Dewan Bappilu Partai Golkar Idrus Marham. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Dewan Pembina Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Idrus Marham, mengungkapkan bahwa tiga partai yang akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus adalah Partai NasDem, PKB, dan PKS.

NasDem telah lebih dulu mendekat dengan KIM setelah pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, usai penetapan presiden terpilih. PKB juga langsung didatangi oleh Prabowo. Sementara itu, PKS sedang berkembang wacana kerjasama di Pilkada 2024.

"Ya, jadi ada NasDem, ada PKB, dan khusus untuk Pilkada akhir-akhir ini juga berkembang wacana kerjasama dengan PKS," ungkap Idrus di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Idrus menjelaskan bahwa nama KIM plus digunakan karena NasDem, PKB, dan PKS belum resmi bergabung dalam koalisi pendukung Prabowo-Gibran, sehingga masih ada embel-embel 'plus'.

"Nah, ini kan sudah modal. Lalu ditambah lagi, misalkan, kemungkinan NasDem, kemudian ada PKB, dan kemungkinan PKS. Jadi ini sebenarnya masih menggunakan KIM plus karena memang belum resmi," kata mantan Menteri Sosial ini.

"Kalau sudah resmi bergabung dengan koalisi, tentu bukan lagi Koalisi plus, tetapi sudah menjadi satu kesatuan," sambungnya.

Idrus mengamini pernyataan Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, bahwa KIM Plus akan terjadi kerjasama di Pilgub Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

"Ya, kenapa kita menggunakan KIM Plus? Kemungkinan, kata Mas Dasco, di DKI Jakarta, kemudian kemungkinan di Jawa Barat, kemungkinan di Jawa Tengah, dan tentu di kabupaten-kabupaten lain juga ada hal-hal seperti itu," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: