5 Daftar Kota dengan Kualitas Udara Terburuk Hari Ini, Partikel Polusi PM2.5 di Jakarta Tinggi

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 05 Agustus 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi polusi. (BeritaNasional/Freepik)
Ilustrasi polusi. (BeritaNasional/Freepik)

BeritaNasional.com -  Kualitas udara di DKI Jakarta berdasarkan data dari situs pemantau kualitas udara IQAir, Senin (5/8/2024) pagi, menunjukkan kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif.

Pada pukul 07.50 WIB, Indeks Kualitas Udara (AQI) Jakarta tercatat di angka 121, dengan kadar partikel halus PM2.5 mencapai 43.6 mikrogram per meter kubik. 

Konsentrasi PM2.5 di Jakarta saat ini 8.7 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.

Tidak hanya Jakarta, di beberapa kota besar juga menunjukkan angka yang cukup mengkhawatirkan. 

Berikut adalah daftar 4 kota dengan AQI terburuk:

1. Tangerang

Tangerang mencatat AQI tertinggi di Indonesia dengan angka 123. Kualitas udara di kota ini masuk dalam kategori tidak sehat, terutama bagi kelompok sensitif seperti anak-anak, lansia, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

2. Bekasi

Kota Bekasi mencatat AQI sebesar 109. Dengan angka ini, kualitas udara di Bekasi juga berada dalam kategori tidak sehat untuk kelompok sensitif, dan dapat mempengaruhi kesehatan mereka yang tinggal di wilayah tersebut.

3. Palembang

Palembang melaporkan AQI sebesar 105. Kualitas udara di kota ini menunjukkan bahwa kondisi udara cukup buruk dan memerlukan perhatian khusus untuk mengurangi dampaknya terhadap kesehatan masyarakat.

4. Surabaya

Kota Surabaya berada di urutan kelima dengan AQI sebesar 90. Meskipun berada di bawah angka 100, Surabaya tetap perlu mengawasi kualitas udaranya untuk mencegah dampak negatif terhadap kesehatan penduduk.

Dalam kondisi udara yang tidak sehat, sangat dianjurkan bagi penduduk di kota-kota tersebut untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan. Menghindari olahraga atau kegiatan lainnya di luar rumah dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan yang mungkin muncul akibat paparan udara yang tercemar.

Untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah, pastikan untuk menutup jendela. Langkah ini akan mencegah masuknya udara luar yang tercemar ke dalam ruangan, sehingga lingkungan di dalam rumah tetap bersih dan sehat.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: