Veddriq Persembahkan Emas Pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 08 Agustus 2024 | 18:51 WIB
Atlet panjat tebing Tim Indonesia, Veddriq Leonardo (kanan). (Foto/NOC Indonesia).
Atlet panjat tebing Tim Indonesia, Veddriq Leonardo (kanan). (Foto/NOC Indonesia).

BeritaNasional.com - Atlet panjat tebing Tim Indonesia, Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas Olimpiade Paris 2024. Di partai final, Veddriq mengalahkan atlet panjat tebing asal China, Wu Peng dalam cabang olahraga panjat tebing nomor speed, Kamis (8/8/2024).

Bertanding di Le Boruget Climbing Venue, Veddriq berjuang di babak perempat final melawan atlet tuan rumah Bassa Mawem (Prancis). Akan tetapi, Veddriq mampu mengalahkan Mawem dengan catatan waktu 4,88 detik.

Veddriq lalu melawan Reza Alipour Shenazandifard (Iran) yang mengemas 5,57 detik saat menghadapi Amir Maimuratov (Kazakhstan).

Dalam pertandingan itu, Veddriq unggul dengan catatan waktu 4,78 detik unggul dari Alipour yang finis dengan waktu 4,8 detik. Ia pun melaju ke partai final.

Di babak final, dia menghadapi Wu Peng atlet asal China. Veddriq tampil gemilang dengan mencatatkan waktu 4,75 detik dan berhasil medali emas Olimpiade Paris 2024.

Untuk medali perunggu diraih Sam Watson yang memecahkan rekor dunia atas nama dirinya dengan catatan 4,79 detik. Di Olimpiade Paris, ia mengemas 4,74 detik. 

Perlu diketahui, ini merupakan medali emas perdana bagi Indonesia di Olimpiade Paris 2024 dan medali kedua Indonesia setelah Gregoria Mariska Tunjung di cabor bulu tangkis.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: