Jokowi Beri Selamat untuk Rizki Juliansyah Usai Tambah Emas Indonesia di Olimpiade Paris

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 09 Agustus 2024 | 13:00 WIB
Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah. (Foto/NOC Indonesia).
Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah. (Foto/NOC Indonesia).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat kepada Rizki Juniansyah yang berhasil menyumbangkan medali emas dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73 kg di Olimpiade Paris 2024.

“Medali emas kedua untuk Indonesia dipersembahkan oleh Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73kg,” kata Jokowi dikutip dari akun instagramnya, Jumat (9/8/2024).

Kepala Negara pun bangga dengan keberhasilan Rizki yang mencetak rekor Olimpiade untuk angka clean and jerk. Terlebih, ini adalah medali emas pertama bagi Indonesia di Olimpiade cabang angkat besi.

“Mencatatkan total angkatan 354kg dengan angkatan snatch 155 kg dan angkatan clean and jerk 199kg, Rizki berhasil memecahkan rekor olimpiade untuk angkatan clean and jerk serta menjadi atlet angkat besi Indonesia pertama yang mendapatkan medali emas di ajang olimpiade,” jelas Jokowi. 

“Terima kasih Rizki, selamat!,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya diketahui, Atlet angkat besi putra Indonesia Rizki Juniansyah berhasil menyabet medali emas pada pertandingan angkat besi kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024  di South Paris Arena 6, Prancis, Jumat (9/8/2024) dini hari WIB.

Rizki berhasil menyelesaikan laga dengan total angkatan seberat 354 kg, setelah sukses mengangkat beban 155 kg dan angkatan clean and jerk 199 kg.

Rizki kemudian mencoba mengejar pada angkatan clean and & jerk.

Pada percobaan pertama Rizki berhasil mengangkat beban seberat 191 kg. Rizki kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang.

Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean & jerk Olimpiade. Sementara pesaingnya lifter China Shi Zhiyong di angkatan snatch, gagal dalam tiga percobaan pada angkatan clean & jerk.

Rizki berhasil naik podium tertinggi dan membuat lagu kebangsaan Indonesia Raya kembali berkumandang di Olimpiade Paris 2024 setelah atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo lebih dulu meraih medali emas, Kamis (8/8/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: