Pasca Cak Imin Bertemu Prabowo, PDIP Yakin Peluang Bentuk Poros Baru di Jakarta Masih Terbuka

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 10 Agustus 2024 | 11:44 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan masih melihat ada peluang untuk membentuk koalisi di Pilgub Jakarta untuk menghadapi Koalisi Indonesia Maju (KIM). Meski, saat ini PKB sudah mulai mendekati Partai Gerindra.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP akan mengupayakan supaya tidak terjadi calon tunggal di Pilkada Jakarta.

"Kami meyakini peluang itu terbuka lebar. Peluang untuk membangun kerja sama di jakarta sehingga tidak ada calon tunggal," kata Hasto kepada wartawan, dikutip Sabtu (10/8/2024).

"Karena itulah, partai juga berdaulat di dalam menentukan paslonnya secara mandiri dengan bekerja sama dengan partai lain," sambungnya.

PDI Perjuangan memiliki beberapa kader potensial untuk diusung di Jakarta. Mulai dari Pramono Anung, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Hendrar Prihadi, sampai Eriko Sotarduga.

"Kami kan tidak kehilangan stok pemimpin dan kemudian proses penggodokan terus akan dilakukan pada akhirnya ada sosok-sosok yang bisa diterima dan menyatukan partai politik," kata Hasto.

Sementara, Hasto tidak menjawab tegas apakah PDIP tertarik untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur Jakarta. Ia hanya menjawab singkat terkait peluang Anies bakal diusung PDIP.

"Ya darahnya (Anies) sudah merah," kata Hasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: