Setelah Airlangga Mundur, Golkar Siap Gelar Rapat Pleno untuk Tunjuk Plt Ketua Umum

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 11 Agustus 2024 | 18:48 WIB
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Tangkapan layar)
Airlangga Hartarto Mundur sebagai Ketua Umum Golkar. (BeritaNasional/Tangkapan layar)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan bahwa partainya akan mengadakan rapat pleno untuk menentukan Plt Ketua Umum usai Airlangga Hartarto memutuskan untuk mengundurkan diri.

Doli mengatakan bahwa rapat pleno tersebut akan diadakan pada Selasa (13/8/2024) lusa.

"Oh, belum. Nanti akan kita tentukan. Ada mekanisme organisasi setelah Ketua Umum mengundurkan diri, nanti akan ada rapat pleno untuk menunjuk Plt-nya siapa," kata Doli kepada wartawan di Rumah Dinas Airlangga di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (11/8/2024).

Doli menjelaskan bahwa Partai Golkar memiliki aturan bahwa Ketua Umum yang mengundurkan diri akan digantikan oleh Plt. Nantinya, Plt tersebut bertugas untuk mempersiapkan pemilihan Ketua Umum definitif yang baru.

"Dalam AD/ART, seorang Ketua Umum dapat diganti jika ada sebab tertentu. Pertama, misalnya, terkena masalah hukum. Kemudian, berhalangan tetap, atau mengundurkan diri," jelas Doli.

"Nah, biasanya jika sudah mengundurkan diri, akan ditunjuk pelaksana tugas yang nantinya mempersiapkan pemilihan Ketua Umum secara definitif," tambah Doli.

Adapun beberapa rangkaian rapat pleno adalah menerima surat pengunduran diri, pembahasan, dan keputusan mengenai siapa yang akan menjadi Plt.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: