Iran Dikabarkan Siap Menyerang Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 13 Agustus 2024 | 14:00 WIB
Iran siap menyerang Israel (Foto/Pixabay)
Iran siap menyerang Israel (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengatakan, Iran bisa berinteraksi dengan baik dengan semua negara. Namun Iran tidak akan pernah tunduk pada tekanan negara manapun.

Selain itu, ujar Pezeshkian, sesuai dengan aturan internasional, Iran berhak merespons serangan agresor Israel. Ia mengatakan hal itu, terkait dengan serangan Israel ke Teheran yang membunuh Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. Israel sudah melanggar hukum internasional dan kedaulatan Iran.

"Sesuai dengan aturan internasional, Iran punya hak untuk merespons kejahatan agresor Israel," ujarnya.

Dikutip dari Sputnik, sebelumnya Jurnalis Axios, Barak Ravid mengatakan, mengutip dua sumber menyebutkan intelijen Israel yakin Iran telah memutuskan untuk menyerang Israel secara langsung sebagai pembalasan atas pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.  

Mungkin Iran akan menyerang Israel sebelum ada negosiasi  kesepakatan soal sandera warga Israel dengan Hamas.

Mohammad Najafi, Prefek Kota Qasreshirin di Provinsi Kermanshah, Iran barat mengatakan, Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) sudah melakukan latihan militer di kota tersebut. Sepertinya mereka latihan militer untuk melakukan serangan ke Israel.

Hamas dan Iran menuding Israel membunuh Haniyeh. Mereka tidak akan membiarkan Israel lolos dari hukuman dan pembalasan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: