Jokowi Minta Semua Kendaraan di IKN Harus Listrik

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 14:37 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (Foto/BPMI)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa nantinya seluruh kendaraan di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus kendaraan listrik. Dia bilang penggunaan itu agar kualitas udara di IKN tetap baik seperti sekarang ini.

“Nanti kalau ini sudah dimulai, dinyatakan mulai, semua kendaraannya juga harus kendaraan listrik,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia di Istana Garuda, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Selasa (13/8/2024).

Dikatakan Jokowi, IKN harus 100 persen menggunakan energi hijau untuk menjaga Air Quality Index (AQI). Sekarang ini, AQI di IKN berada di angka enam dan saat ini belum menggunakan kendaraan listrik.

Dalam kesempatan ini, Jokowi pun membandingkan udara IKN dengan Singapura yang kualitasnya berada di angka 53.

“Padahal kendaraanya belum listrik. Kalau kendaraannya listrik mungkin jadi 0. Saya kemarin kita cek Singapura 53, maksimal itu 50 udara yang baik dan sehat itu maksimal itu hanya 50,” beber Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga bilang kualitas udara di pulau Jawa yang disebutnya sudah tidak baik.  Ia pun meminta kepala daerah bisa menyoroti hal tersebut. 

“Tapi kota-kota kita utamanya di Jawa itu sudah semua di atas 100. Ini yang harus kita cermati oleh bupati/walikota dan gubernur,” jelas Jokowi.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: