Jokowi Dorong Kepala Daerah Bangun Wilayah dengan Konsep, Singgung California

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2024 | 15:30 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN. (Foto/Sepres)
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan IKN. (Foto/Sepres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong gubernur dan wali kota/bupati untuk membangun wilayahnya dengan konsep dan perencanaan yang baik. 

Mantan gubernur Jakarta itu meminta setiap daerah memiliki ciri khas dan menjadi kebanggaan bagi warganya. Dia lantas menyinggung California, Amerika Serikat, sebagai kota khusus golf.

‘’Saya berkali-kali menyampaikan, ada di California kota yang khusus hanya untuk golf saja, kota golf ada 37 padang golf di sana. Hanya itu, enggak ada yang lain,’’ tuturnya di hadapan gubernur, wali kota, dan bupati se-Indonesia saat memberikan pengarahan di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Jokowi pun mendorong kota yang memiliki identitas atau ciri khas tertentu untuk semakin maju dengan konsep dan desain yang lebih matang. Sebut saja Kabupaten Jepara yang memiliki potensi di bidang mebel.

‘’Kita sebenarnya punya kekuatan besar di Jepara. Pak Bupati Jepara ada? Bisa dikonsep desain sejak awal meskipun tidak selesai dalam satu periode bupati atau dua periode bupati, tapi perencanaannya harus ada dan detail, matang di sana,’’ ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga membahas tentang IKN sebagai kota masa depan yang mengusung konsep kota hutan.

‘’Jadi, kota hutan, bukan kota beton. Saya kira di semua provinsi, kabupaten, dan kota bisa merencanakan dan mengonsep kotanya itu ingin dijadikan kota apa,’’ ungkapnya.

Selain kota hutan, lanjut Jokowi, IKN juga ingin dibangun dengan konsep smart city. Jadi, seluruh aktivitas yang berjalan di sana ditopang oleh teknologi.

Mantan gubernur Jakarta tersebut juga meminta seluruh kabupaten dan kota bisa mencontoh IKN untuk pembangunan masa depan.

‘’Memang momentumnya pas. Perubahan zaman ini pas, inilah waktunya baik itu teknologi digital dan teknologi lainnya. Sehingga ini akan menjadi livable city, kota yang nyaman untuk ditinggali,’’ ungkapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: