Istana Tidak Tahu Jika Ada Paskibraka yang Diminta Lepas Hijab

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 15 Agustus 2024 | 14:52 WIB
Prosesi kirab bendera dan teks proklamasi terbang menuju IKN. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Prosesi kirab bendera dan teks proklamasi terbang menuju IKN. (Foto/tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com - Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-79 RI, Heru Budi Hartono, mengaku tidak mengetahui adanya kebijakan pelepasan hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pusat saat pengukuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Heru menyebutkan bahwa Paskibraka sudah melepas hijabnya saat pengukuhan di IKN pada Selasa (13/8/2024) lalu.

“Kalau saat pengukuhan, saya tidak tahu. Jadi, saat mereka masuk Istana, mereka sudah seperti itu (tanpa hijab),” kata Heru di Balai Kota, dikutip Kamis (15/8/2024).

Kepala Sekretariat Presiden itu juga mengatakan bahwa dirinya baru sekali bertemu dengan Paskibraka saat pengukuhan tersebut. Oleh karena itu, ia tidak terlibat dari awal seleksi di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi.

“Begitu mereka masuk ke Istana IKN, saya tidak pernah bertemu adik-adik itu. Kalau pun ada, mungkin saya tahu dan mengambil kebijakan bahwa mereka tetap menggunakan jilbab sesuai seleksi awal,” ucap Heru.

Ia juga menegaskan bahwa Istana membolehkan Paskibraka mengenakan hijab, sehingga anggota pengibar bendera yang sejak awal menggunakan jilbab tidak perlu melepasnya saat menjalankan tugas.

“Perintah kami adalah meminta kepada seluruh adik-adik putri yang memang menggunakan jilbab untuk tetap menggunakannya,” tegas Heru.

“Saya dari IKN saat persiapan gladi bersih pertama, Paskibraka putri menggunakan hijab. Ini tadi,” tambahnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: