Hasto Kristiyanto Duga Pemanggilan KPK Terkait Kasus DJKA Berhubungan dengan Pilpres 2019

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 15 Agustus 2024 | 20:20 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (BeritaNasional/Panji Septo)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (BeritaNasional/Panji Septo)

BeritaNasional.com -  Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, menduga alasan dirinya dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) terkait dengan Pilpres 2019.

Menurut Hasto, saat itu ia menjabat sebagai Sekretaris Tim Pemenangan. Ia mengaku mendapat informasi mengenai pemanggilannya dari Kepala Sekretariat Kantor Pemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Adi Darmo.

"Berdasarkan informasi dari Adi Darmo, beliau ini adalah Kepala Sekretariat Kantor Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Pemilu 2019," ujar Hasto di Gedung Merah Putih, Kamis (15/8/2024).

Hasto menyebutkan bahwa ada seseorang tersangka yang memberikan bantuan operasional untuk kampanye. Selain itu, terdapat nomor pribadi Hasto dalam handphone-nya.

“Namun, ternyata ada indikasi bahwa orang yang membantu tersebut kemudian menjadi tersangka,” tuturnya.

“Di dalam handphone-nya, ada nomor telepon saya yang dikirim oleh Saudara Adi Darmo,” imbuhnya.

Meski demikian, Hasto mengaku tidak mengetahui nominal dana yang diberikan oleh tersangka tersebut. Ia juga membantah terlibat dalam kasus itu.

"Saya tidak ingat, karena seluruh pengelolaan terhadap sumbangan itu merupakan ranah bendahara. Dan di situlah kemudian disampaikan," kata dia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: