Gerindra Minta KPU Usut Dugaan KTP Warga Jakarta yang Dicatut Dukung Dharma-Kun

Oleh: Ahda Bayhaqi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 21:01 WIB
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperhatikan dengan seksama atas temuan pencatutan NIK KTP sejumlah warga Jakarta sebagai pendukung bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Diketahui, Dharma Pongrekun-Kun Wardana adalah pasangan yang maju lewat jalur independen. 

“Saya kira itu keluhan yang harus dapat perhatian dengan seksama dari KPU,” ujar Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dikatakan Muzani, hal itu harus menjadi perhatian dikarenakan keberatan dan keluhan warga yang NIK KTP-nya dicatut sebagai pendukung bakal calon gubernur dan wakil gubernur indepen tersebut.

Apalagi, kata Muzani, mereka tidak merasa memberikan dukungan kepada Dharma-Kun. Kemudian, perhelatan Pilkada di Jakarta akan dimulai dalam beberapa waktu lagi.

"Supaya apa yang menjadi keberatan dan keluhan dari warga Jakarta bahwa dia tidak merasa berikan dukungan, itu bisa dapatkan klarifikasi. Karena ini penting bagi kualitas Pilkada," tegas Muzani.

Selain itu, Wakil Ketua MPR RI ini yakin KPU bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Sebab, KPU adalah lembaga yang ditunjuk untuk menjalankan perhelatan kontestasi Pemilu.

“Saya kira kita percayakan kepada KPU karena KPU adalah lembaga yang ditunjuk oleh UU untuk menyelenggarakan pilpres, pemilu legislatif dan pilkada,” tutur Muzani.

“Saya percaya dan kita semua mempercayai lembaga itu sebagai lembaga yang independen dan terhormat,” imbuh dia.

Sebelumnya ramai di media sosial warga yang KTP-nya dicatut sebagai pendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Salah satunya adalah anak dari Anies Baswedan.

Anies Baswedan mengaku bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dua anaknya dicatut sepihak untuk memenuhi dukungan kepada bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

Dilihat dalam akun X resmi milik Anies, Jumat (16/8/2024), Anies mengaku NIK-nya tidak dipakai atau dicatut sepihak untuk mendukung pasangan tersebut.

“Alhamdulillah KTP saya aman,” ungkap Anies.

Namun, Anies membagikan tangkapan layar yang memperlihatkan NIK anaknya dicatut sepihak sebagai pendukung Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Adapun dua anak Anies yang dicatut adalah Mikail Azizi Baswedan dan Kaisar Hakam Baswedan.

Tak hanya dua anak yang dicatut, ada juga adik dari Anies Baswedan yang dicatut.

"Tapi KTP dua anak, adik, juga sebagian tim yg bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen,” tandas Anies.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: