Kata Jokowi soal Paskibra Sempat Lepas Hijab: Hormati Keberagaman

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 17 Agustus 2024 | 20:31 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto/YouTube Setkab).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto/YouTube Setkab).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons polemik aturan bagi Paskibrakan 2024 yang melarang menggunakan hijab. Ia bilang alangkah baiknya saling menghormati keberagaman.

“Kita harus menghormati keberagaman, kita harus menghormati kebhinekaan,” ujar Jokowi di Istana IKN, Kalimantan, Sabtu (17/8/2024).

Kepala menekankan perbedaan dan keberagaman merupakan anugerah dan kekayaan yang patut disyukuri untuk persatuan, bukan untuk perbedaan

“Karena negara ini negara besar yang sukunya berbeda, rasnya berbeda, agamanya berbeda, adat istiadatnya berbeda, jadi tidak bisa diseragamkan,” ucap Jokowi.

“Dan perbedaan itu adalah anugerah yang patut kita syukuri. Keberagaman itu adalah sesuatu kekayaan yang harus kita syukuri untuk persatuan, bukan untuk perbedaan,” imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana HUT ke-79 RI, Heru Budi Hartono, mengaku tidak mengetahui adanya kebijakan pelepasan hijab bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pusat saat pengukuhan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Heru menyebutkan bahwa Paskibraka sudah melepas hijabnya saat pengukuhan di IKN pada Selasa (13/8/2024) lalu.

“Kalau saat pengukuhan, saya tidak tahu. Jadi, saat mereka masuk Istana, mereka sudah seperti itu (tanpa hijab),” kata Heru di Balai Kota, dikutip Kamis (15/8/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: