Daftar Menteri, Wamen dan Kepala Badan yang Dilantik Jokowi Hari Ini, Berikut Nama-namanya

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 19 Agustus 2024 | 09:52 WIB
Menteri dan Kepala Badan yang dilantik Presiden Jokowi. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Menteri dan Kepala Badan yang dilantik Presiden Jokowi. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sejumlah menteri, wakil menteri, dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta pada Senin (19/8/2024) pagi ini. 

Sejumlah menteri baru yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM, Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi, Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), serta Angga Raka Prabowo menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

Kemudian ada Prof Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi. Kemudian Hasan Nasbi menjadi Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Taruna Ikrar sebagai Kepala BPOM

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya," kata Jokowi memimpin sumpah jabatan. 

“Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," lanjutnya. 

Selanjutnya, dilakukan penandatanganan berita acara yang dilakukan oleh ketiga menteri, wakil menteri dan kepala badan baru ini. 

Diberitakan sebelumnya, Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan bahwa reshuffle kabinet diperlukan untuk memuluskan transisi ke pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

"Untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," kata dia.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: