Jokowi Melantik Dadan Hindayana Jadi Kepala Badan Gizi Nasional dan Taruna Ikrar Jadi Kepala BPOM

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 19 Agustus 2024 | 10:01 WIB
Presiden Jokowi melantik sejumlah kepala badan baru (Foto/Youtube Setpres)
Presiden Jokowi melantik sejumlah kepala badan baru (Foto/Youtube Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sejumlah kepala badan baru pada Senin (19/8/2024). Adapun pejabat baru yang dilantik adalah Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional dan Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk diketahui, Badan Gizi Nasional merupakan lembaga yang baru dibentuk Jokowi pada 15 Agustus 2024. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024 tentang Badan Gizi Nasional.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Jokowi memimpin pembacaan sumpah.

Sebelum melantik kepala badan, Jokowi terlebih dahulu melantik tiga menteri baru. Menteri baru yang dilantik adalah Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM, Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi, dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham).

Secara terpisah, Koordinator Stafsus Presiden Ari Dwipayana menjelaskan bahwa reshuffle kabinet diperlukan untuk memuluskan transisi ke pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif," kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: