Jokowi Resmi Lantik Menteri Baru untuk Dukung Transisi Pemerintahan

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 19 Agustus 2024 | 09:35 WIB
Momen Jokowi melantik Bahlil Lahadalia, Rosan Roeslani, dan Supratman Andi Atgas. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Momen Jokowi melantik Bahlil Lahadalia, Rosan Roeslani, dan Supratman Andi Atgas. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sejumlah pejabat baru, termasuk menteri, wakil menteri, dan kepala badan, Senin (19/8/2024).

Pejabat yang baru dilantik meliputi Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rosan Roeslani sebagai Menteri Investasi, serta Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham). Selain itu, Angga Raka Prabowo juga dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo).

"Demi Allah, saya bersumpah untuk setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan sebaik-baiknya," ujar Jokowi saat memimpin pembacaan sumpah jabatan.

 "Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara, saya berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan menjunjung tinggi etika, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh rasa tanggung jawab," ucapnya lebih lanjut.

Setelah pelantikan, ketiga menteri baru dan wakil menteri menandatangani berita acara sebagai bagian dari proses resmi.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menjelaskan bahwa reshuffle kabinet ini merupakan langkah strategis untuk mempermudah transisi menuju pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Langkah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar dapat berjalan dengan efektif dan lancar," kata Ari Dwipayana.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: