Soal Munas dan Muktamar Parpol, Supratman: Tak Ada Arahan Khusus dari Jokowi

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 19 Agustus 2024 | 16:40 WIB
Suasana pelantikan menteri empat menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin. (Foto/Setpres Jokowi)
Suasana pelantikan menteri empat menteri di Istana Negara, Jakarta, Senin. (Foto/Setpres Jokowi)

BeritaNasional.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Supratman Andi Agtas menyatakan tidak ada arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait dengan adanya munas, kongres, dan muktamar yang berlangsung di masing-masing partai politik (parpol) dalam waktu dekat ini. 

‘’Sekarang baru ribut-ribut karena memang baru musimnya menyangkut partai politik lagi Munas, Kongres, Muktamar, dan ini kebetulan saja, jadi bersamaan dengan itu tidak ada arahan khusus dari presiden terkait hal-hal itu,’’ ucap setelah acara Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

 

Kader Gerindra tersebut mengatakan kondisi partai politik dalam keadaan baik. Dia berjanji bersikap adil terhadap seluruh partai politik walaupun dia memiliki latar belakang sebagai politisi Gerindra.

"Sampai hari ini enggak ada masalah dengan semua partai-partai yang akan gelar munas, kongres, muktamar. Semua adem-adem saja. Sekali lagi nanti kami lihat, tentu Kementerian Hukum dan HAM akan objektif dalam melihatnya," ungkapnya.

 

Supratman juga menepis bahwa pengangkatannya sebagai Menkum HAM karena Yasonna kerap mengkritik pemerintah. 

Pengangkatannya sebagai Menkum HAM dari Yasonna merupakan wewenang prerogatif presiden.

“Enggak ada dikotomi antara partai pemerintah atau yang lain ya. Jelas presiden memberi kepercayaan, tugas saya untuk melaksanakan,” tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: