Hasto Kristiyanto Penuhi Panggilan KPK: Saya Berbicara Kebenaran

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 20 Agustus 2024 | 10:51 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyambangi KPK, Selasa (20/8/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menyambangi KPK, Selasa (20/8/2024). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA Kemenhub).

"Sebagai warga negara yang punya tanggung jawab terhadap hukum, saya datang dan sikap saya tidak setengah-setengah. Saya akan memberikan keterangan yang sebaik-baiknya," ujar Hasto di Gedung Merah Putih, Selasa (20/8/2024).

Hasto mengaku tidak membawa dokumen apapun dalam pemeriksaan ini. Ia menyatakan akan berbicara jujur kepada penyidik terkait perkara yang sedang berproses.

"Saya membawa ketetapan hati untuk berbicara kebenaran," tuturnya.

Menurut Hasto, pemeriksaannya akan berkaitan dengan kapasitasnya yang pernah menjabat sebagai sekretaris tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Sebelumnya, Hasto sempat menyambangi KPK lebih awal dari jadwal pemeriksaan yang sebenarnya. Namun, lembaga antirasuah tidak memeriksa Hasto saat itu.

Hasto beralasan memiliki agenda lain pada hari pemeriksaan yang dijadwalkan, oleh karena itu ia bersurat kepada KPK untuk menjalani pemeriksaan lebih awal. Namun, Hasto batal diperiksa karena lembaga antirasuah memiliki agenda lain.

"Tapi KPK rupanya sangat sibuk, dan kami memaklumi hal tersebut," ujar Hasto.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: