Tutup Pintu bagi Anies, PKS Terus Dukung RK-Suswono

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 20 Agustus 2024 | 17:39 WIB
Habib Aboe mengatakan, PKS dukung RK-Suswono (Beritanasional/Panji)
Habib Aboe mengatakan, PKS dukung RK-Suswono (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi menegaskan pihaknya tidak akan menarik dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilgub Jakarta 2024 dengan adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terbaru soal Pilkada 2024.

Habib Aboe juga menegaskan, partainya menutup kemungkinan mengusung kembali Anies Baswedan dan Sohibul Iman dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Sudah selesai (menutup kemungkinan). Bukan melawan (Anies). Kita ber-fastabiqul khoirot. Berlomba dalam kebaikan," tuturnya.

Sebelumnya, MK telah mengubah ambang batas pencalonan kepala daerah oleh parpol dalam Pilkada 2024 sehingga PKS bisa mengusung Anies Baswedan-Sohibul Iman.

"Sudah selesai dah urusan dalam politik itu udah selesai lewat. Enggak ada mundur ke belakang," ujar Aboe di ICe BSD, Selasa (20/8/2024).

Menurutnya, putusan MK sudah final dan mengikat. PKS bakal mempercayai proses dan keputusan yang sudah berjalan serta mengikuti proses peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ya kita bagaimana ya, MK ini kan final and banding. Kita percayakan dia sebagai MK sudah ada keputusan ya ikutin lah. Kita tinggal lihat peraturan KPU-nya," tuturnya.

Meski demikian, ia menduga peraturan tersebut nakal membawa perubahan dalam waktu dekat untuk pencalonan kepala daerah di bebeberapa tempat. Salah satunya, Sulawesi Tengah.

"Besok dan pastinya akan terjadi sebuah perubahan yang luas dalam pencalonan dalam waktu tinggal beberapa hari, contoh Sulawesi Tengah atau yang model-model beberapa tempat bisa jadi berubah," kata dia.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: