Menlu AS Tinggalkan Timur Tengah Tanpa Hasil

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 21 Agustus 2024 | 20:00 WIB
Antony Blinken (kiri) meninggalkan Timur Tengah  (Foto/Secretary Antony Blinken)
Antony Blinken (kiri) meninggalkan Timur Tengah (Foto/Secretary Antony Blinken)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengakhiri kunjungan ke Timur Tengah. Blinken meninggalkan Timur Tengah tanpa menghasilkan terobosan besar untuk kesepakatan gencatan senjata.

Dikutip dari AP, ia memperingatkan, “Waktu merupakan hal yang sangat penting guna meraih gencatan senjata.” Namun Hamas dan Israel memberi isyarat, masih banyak tantangan yang harus diatasi sebelum dilakukan gencatan senjata.

Setelah pertemuan di negara-negara mediator, Mesir dan Qatar, Blinken mengatakan, Israel telah menerima proposal untuk menjembatani kesenjangan dengan kelompok Hamas. Blinken mengajak Hamas untuk bergabung dalam negosiasi gencatan senjata dan memastikan kedua belah pihak menyetujui rincian kunci tentang implementasi.

“Pesan kami sederhana, sudah jelas dan mendesak. Kita harus menyelesaikan gencatan senjata dan menyelesaikan masalah penyanderaan, dan kita harus melakukannya sekarang. Waktu sangat penting,” kata Blinken.

Ada urgensi tambahan setelah pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dan Pemimpin Hizbullah. Iran dan Hizbullah bersumpah akan melakukan pembalasan kepada Israel yang akan memicu perang regional yang lebih luas.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: