Capai Target Net Zero Emission Butuh Kolabororasi Antarnegara Asia

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 21 Agustus 2024 | 19:00 WIB
Pentingnya mencapai target Net Zero Emission (Foto/Seced)
Pentingnya mencapai target Net Zero Emission (Foto/Seced)

BeritaNasional.com - President Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Tatsuya Watanabe mengatakan, guna mencapai target net zero emission (NZE) membutuhkan solusi bersama. Solusi itu meliputi teknologi, terutama energi baru terbarukan, amonia, hidrogen, biofuel hingga panas bumi.

Lewat Asia Zero Emission Community (AZEC) Advocacy Group Roundtable, ujar dia, diharapkan mampu menggabungkan banyak ide dan perspektif dalam menurunkan emisi karbon.

"Jadi, bersama-sama, kami memiliki penggabungan yang sangat berbeda dari masyarakat bisnis dari regional. Bersama kami menggabungkan banyak ide, banyak perspektif, bagaimana kita mencapai target emisi karbon," ujarnya dikutip dari Antara.

Ketua ASEAN-BAC Laos 2024 Oudet Souvannavong mengatakan,  pada pertemuan ini tidak hanya dibahas soal teknologi. Namun juga dibahas pentingnya kolaborasi antarnegara Asia.

“Kolaborasi ini membutuhkan dukungan teknologi dan pendanaan yang memadai agar dapat diwujudkan secara efektif,” ujarnya.

Sejatinya AZEC Advocacy Group Roundtable ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pembentukan AZEC Advocacy Group oleh Keidanren, ASEAN Business Advisory Council, dan ERIA pada KTT Peringatan 50 tahun persahabatan dan kerja sama ASEAN-Jepang pada 18 Desember 2023 di Tokyo, Jepang.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: