Mesir Ingatkan Bahaya Munculnya Medan Perang Baru di Lebanon

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 26 Agustus 2024 | 10:30 WIB
Israel dan Hizbullah saling serang di perbatasan Lebanon (Foto/NBC News)
Israel dan Hizbullah saling serang di perbatasan Lebanon (Foto/NBC News)

BeritaNasional.com - Presiden Mesir Abdel Fattah Al Sisi meminta pihak-pihak terkait melaksanakan upaya mediasi internasional guna mewujudkan gencatan senjata di Gaza.

Ia menyampaikan seruan tersebut saat melakukan pertemuan di Kairo dengan Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Charles Brown.

Ia juga mengingatkan bahaya munculnya medan perang baru di Lebanon. Selain itu, Al Sisi juga dan menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan kedaulatan Lebanon.

Al Sisi juga menekankan  kepentingan mendukung upaya bersama yang dilakukan Mesir, Qatar, dan AS untuk segera mencapai gencatan senjata di Gaza serta memfasilitasi pertukaran tahanan guna membuka jalan bagi lingkungan yang lebih stabil dan damai di Gaza.

Dikutip dari Antara, ia prihatin dengan kondisi kemanusiaan yang mengerikan di Gaza. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya proses politik yang komprehensif untuk membangun negara Palestina jadi bagian dari solusi dua-negara guna membantu menjaga stabilitas regional jangka panjang.

Brown pun mengapresiasi peran sentral Mesir dalam mendukung stabilitas, keamanan, dan perdamaian di wilayah Timur Tengah.

Ia mengungkapkan komitmen AS untuk melanjutkan upaya bersama dalam kerja sama militer guna memajukan kepentingan bersama dan mendukung stabilitas regional.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: