Golkar Beralih Dukungan dari Andra Soni ke Airin, Ini Jawaban Gerindra

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 27 Agustus 2024 | 16:45 WIB
Pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi diberi surat rekomendasi dari Golkar di Kantor DPP Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi diberi surat rekomendasi dari Golkar di Kantor DPP Golkar. (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Waketum Partai Gerindra Habiburokhman hanya bisa menghormati sikap Partai Golkar yang kini mendukung pasangan calon Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024.

Hal itu diucapkannya untuk menyoroti dukungan Partai Golkar yang beralih kembali ke kadernya sendiri meski sudah memberi B1 KWK kepada pasangan Andra Soni-Dimyati Natakusumah. 

“Ya, biasa saja itu bagian dari demokrasi, kita menghormati sikap-sikap partai politik untuk menentukan calon di masing-masing daerah,” ujar Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Saat ditanya apakah Koalisi Indonesia Maju (KIM) mempermasalahkan hal tersebut, ia tak memberi banyak jawaban dan kembali menghormati sikap Partai Golkar. 

“Kami ikut saja. Kapasitas saya sebagai Waketum Gerindra, kami menghormati pihak masing-masing,” tuturnya.

Dia juga mengaku tak mengetahui apakah proses peralihan dukungan Partai Golkar dari Andra-Dimyati ke Airin-Ade melalui komunikasi dengan partai-partai politik yang bergabung dengan KIM. 

“Kalau itu, saya enggak tahu,” katanya.

Sebelumnya, Partai Golkar akhirnya mendukung Airin-Ade sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilkada Banten 2024.

Dukungan itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia di kantor DPP Partai Golkar, Slipi Jakarta Barat, Selasa (27/8).

"Kami akan umumkan untuk Provinsi Banten, memang prosesnya panjang, barang bagus banyak yang berminat. Saking bagusnya, ada yang meminta," kata Bahlil. 

Menurut Bahlil, kurang pas jika Golkar tak ikut menghantarkan mantan wali kota Tangerang Selatan itu untuk berkompetisi di Pilgub Banten.

"Pasangannya ini dari PDIP. Ini menunjukkan bahwa Golkar sangat terbuka," ujarnya.

Padahal, Golkar sebelumnya menyatakan dukungan kepada Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal cagub dan cawagub Banten. 

Pasangan Andra-Dimyati bahkan telah menerima formulir B1 KWK dari Golkar yang diserahkan langsung oleh Bahlil sebagai salah satu syarat pencalonan ke KPU Banten.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: