Norwegia Ikut Kecam Upaya Israel Bangun Sinagoge di Kompleks Al-Aqsa

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 29 Agustus 2024 | 20:00 WIB
Israel ingin bangun sinagoge di Kompleks Al-Aqsa (Foto/Pixabay)
Israel ingin bangun sinagoge di Kompleks Al-Aqsa (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Sejumlah negara ramai-ramai mengecam keras upaya Israel membangun sinagoge di Kompleks Al-Aqsa. Di Kompleks Al-Aqsa terdapat Masjid Al-Aqsa yang merupakan masjid suci ke-3 muslim dunia.

Kementerian Luar Negeri Yordania juga mengecam keras Kepala Otoritas Keamanan Israel Itamar Ben-Gvir yang menyerukan pembangunan sinagoge di Temple Mount di Yerusalem, yang menjadi lokasi kompleks Masjid Al-Aqsa.

Sejumlah negara yang mengecam upaya Israel membangun sinagoge di Kompleks Al-Aqsa antara lain Turki, Yordania, Arab Saudi. Kini Norwegia juga ikut mengecam seruan dan upaya Israel membangun sinagoge di Kompleks Al-Aqsa.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengecam keras Ben-Gvir yang menyerukan dan berupaya membangun sinagoge di dalam Kompleks Al-Aqsa.

"Norwegia sangat menentang pernyataan terbaru Menteri Keamanan Israel Itamar Ben-Gvir. Ia mau membangun sinagoge di Bukit Bait Suci," kata Eide.

"Ini merupakan bentuk provokasi yang tidak bisa diterima. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mengubah status quo historis di Yerusalem dan memicu ketegangan di saat kawasan," ujar Eide.

Dikutip dari Antara, menurut Eide, perhatian sekarang harus fokus pada usaha gencatan senjata di Jalur Gaza, pembebasan sandera, dan menurunkan ketegangan di wilayah Timur Tengah, bukan malah mau membangun sinagoge.

"Norwegia minta semua pihak untuk mematuhi status quo untuk tempat-tempat suci di Yerusalem dan perwalian Yordania," ungkap Eide.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: